Catatan Kaum Santri

Tips Mengatasi Susah Tidur

Susah tidur? Ya, tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Dengan tidur kita dapat merefresh kerja tubuh, saraf dan elemen yang ada dalam tubuh secara optimal. Ilmu kesehatan mengharuskan paling tidak dalam sehari kita bisa tidur, minimal 6 jam.
Nah, unuk memenuhi kebutuhan tidur, anda dapat membagi jadwal kegiatan rutin sehari-hari. Usahakan jadwal kegiatan anda rutin dan tidak mengambil jatah tidur. Nah, misalkan kita mengambil jatah tidur 6 jam sehari. Maka yang baik satu jam untuk tidur siang., sisanya (5 jam) untuk tidur malam. Kalau tidak bisa tidur di siang hari, maka gunakan 6 jam dimalam hari untuk tidur. Jangan melakukan hal yang tak perlu pada malam hari (begadang) sehingga jatah tidur anda terlalui sia-sia. Namun ingat, terlalu banyak tidur juga tak baik. Sedang-sedang saja. Menurut ilmu kesehatan 8 jam adalah waktu maksimal untuk waktu tidur.

Lantas bagaimana sendainya silit banget untuk menmejamkan mata, khususnya saat malam hari? jika anda mengalami gejala semacam ini, maka yang perlu dilakukan adalah: tak resah dan tak khawatir. Karena kadang susah tidur  juga dipengaruhi oleh sisi psikologis. Pikiran tak tenang, pikiran terbebani masalah berat juga dapat membuat anda tidak dapat tidur nyenyak. Karena itu, jika pikiran dalam keadaan demikian maka usahakan untuk melakukan hal yang membuat anda rileks. Jika sudah, segera beranjak ke tempat tidur anda.
gambar santri tertidur nyenyak bersama kitabnya
Saat anda telah berada di tempat tidur dan sudah berusaha untuk tidur, namun mlah terjadi sebaliknya. Walaupun kita sudah berusaha keras untuk memejamkan mata, namun belum juga telelap dan air meleleh dri mata anda karena menahan kantuk. Maka tidak ada salahnya untuk mengikuti langkah-langkah berikut:
1.       Ambil wudlu’
Saat seseorang menahan kantuk yang luar biasa, seketika bdan merasakan hawa panas yang tak biasa. Hal ini kadang juga membuat resah tersendiri. Maka berwudlu’lah. Wulu’ selain merupakan ibadah kepada allah juga dapat memberikan kesegaran secara lahiriah. Diharapkan saat anda susah tidur, dengan wudlu pikiran anda menjadi lebih dingin dan fresh.
2.       Membaca do’a sebelum tidur
Kemudian setelah anda telah selesai bersuci, hal selanjutnya adalah berdo’a kepada allah. Dengan berdoa’ berarti kita memasrahkan segala urusan kepada Allah. Diharapkan do’a dengan segala kepasrahan kita kepada Allah, dapat mengurangi bebasa psikologis. Sehinggan pikiran menjadi ringan. Selain tujuan utama berdo’a adalah mengikuti jejak langkah nabi sekaligus mendekatkan diri kepada Allah. Adapun doa yang  dibaca saat ketika hendak tidur adalah:

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku ke-pada-Mu. Karena mengharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada Kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.”
Atau yang lebih singkat: بسمك اللهم وبسمك أموتُ

3.       Matikan lampu
Nah, bagi anda yang terbiasa tidur didalam ruangan , usahakan untuk merendahkan intensitasa cahaya ruangan saat anda ingin tidur. Karena cahaya juga berpengaruh kepada penglihatan, sehingga konsentrasi saraf untuk istirahat akan terganggu.selain itu, saat mata anda tidak diterpa cahaya semakin mudah anda untuk beristirahat
4.       Kemudian ambil posisi tidur miring ke sebelah kanan
Bisa saja, susah tidur anda dipengaruhi oleh posisi tidur yang tidak baik dan kurang pas. Posisi yang taidak baik juga mempengaruhio kenyenyakan tidur anda. Nah, tentang posisi tidur ,nabi telah memberikan contoh posisi tidur yang terbaik, yaitu dengan tidur miring ke sisi kanan. Posisi tidur miring ke kanan adalah posisi tidur paling baik dan tak beresiko ketimbang posisi tidur yang lain.  
Dan jika tips ini telah dilalui dan kita masih juga susah untuk tidur, kang santri sebenarnya masih punya  Tips mengatasi susah tidur satu lagi. Saat santri mulai susah untuk tidur, maka kesempatan itu digunakan untuk membuka kitab kuning atau al-qur’an, yang kemudian. Biasanya, belum lama lembaran dibuka dan dibaca, kantuk meyerang begitu dahsyat. saat seperti ini lanjutkan, biarkan kantuk menyerang. Sampai-sampai kita tak menyadari bahwa kita terlelap. Tau-tau sudah bangun.

Inilah sebagian tips apabila kita susah tidur. Semoga tips ini bermanfaat bagi sahabta pembaca. Jika anda telah mealkukan tips-tips di atas namun tetap saja. Saran kami segeralah pergi kedokter untuk diperiksa. Sekaligus jaga-jaga agar tidak terjangkit Insomnia. Na’udzubillah
Tag : Ala Santri
5 Komentar untuk "Tips Mengatasi Susah Tidur"

Saya Inshomnia,, Kok Tetap Yaa.. Bagaimana Ustad ya?

Ikuti saja tips diatas.. InsyaAllah sembuh

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Masalahnya Banyak Hewan Kecil2 Ustad (Gletah),, hehe

bang Abdur Rofik. berarti itu bukan masalah tidur, tapi masalah gletah.

Back To Top