Catatan Kaum Santri

Terbongkar, Ini Dia 5 Keadaan Ruh Setelah Meninggal Dunia

Chanel Santri - Kajian demi kajian yang betujuan untuk mengetahui hakikat dari ruh nampaknya harus berakhir sia-sia. Kenapa? Lantaran Allah swt. Memberikan porsi special pada ruh. Sehingga tidak seorangpun yang dapat mengetahui hakikatnya. Namun hal ini bukan berarti menutup kemungkinan informasi-informasi lain tentang ruh, misalnya keadaan ruh setelah hadirnya kematian.
Terbongkar, Ini DIa 5 Keadaan Ruh Setelah Meninggal Dunia
Image Surce

Berkenaan dengan hal tersebut, ternyata setidaknya terdapat 5 keadaan ruh setelah meninggal dunia, yang dibedakan sesuai dengan jenis ruhnya.
  • Ruh para Nabi dan Rasul

Ruh yang pertama ini, adalah ruh yang paling istimewa. Bagaimana tidak, ketika ruh mereka sudah terpisah dari jasad [wafat], selanjutnya tidak ada perbuahan bentuk. Dan memiliki bau yang harum semerbak [seperti minyak misik]. Selanjutnya ruh mereka dipindahkan kedalam surga, guna menikmati makanan, dan ketika malam datang, ruh mereka berada disebuah wadah yang tergantung dibawah Arsy.
  • Ruh Para Syuhada

Ruh kategori kedua, tentu tidak seistimewa jenis ruh yang pertama. Untuk ruh yang kdua ini, ketika kematian menjemput [wafat], Allah  swt. Menjadikannya berada diparuh burung berwarna hijau, yang membawa ruh-ruh mereka berterbangan didalam surga. Dan tidak jauh dengan kategori ruh yang pertama, ruh para syuhada ini juga dapat makan dan minum dari menu yang disediakan dalam surga. Dan ketika malam tiba, mereka diteruh disebuah wadah yang terbuat dari emas yang digantungkan pada semacam tempat berteduh pada Arsy Allah.
  • Ruh orang-orang taat dan soleh

Tingkatan ketiga, tentu saja tidak seistimewa kategori ruh sebelumnya. Ruh pada kategori ini, ketika sudah terlepas dari jasadnya [wafat], mereka berada didalam kebun surga. Namun mereka tidak dapat menikmati menu yang disediakan. Mereka hanya bisa melihatnya saja.

  • Ruh Orang –orang ahli maksiat

Ruh kategori ini, jika telah berpisah dari jasadnya, selanjutnya tergantung diantara bumi dan langit.

  • Ruh Orang – orang kafir

Dan ruh pada kategori terakhir ini, setelah mereka dicabut dari jasadnya, selanjutnya ruh tersebut diletakkan pada paruh-paruh burung yang berwarna hitam, dan membawanya berkeliling di Neraka, yang berada pada tingkat terakhir / ketujuh dibaah bumi. Disaat yang bersamaan, ruh tersebut sebenarnya masih ada keterkaitan dengan jasadnya, sehingga ketika ruh tersebut disiksa, maka secara otomatis jasadnya-pun merasakan sakit.

Demikian penjelasan berkenaan dengan 5 Keadaan Ruh Setelah Meninggal Dunia yang bisa dibagikan. Jika ada tambahan, silahkan tinggalkan dalam kolom komentar. 

Disarikan dari kitab : I’anah al-Thalibin. Jilid II. 179-180 

Tag : Yang Unik
0 Komentar untuk "Terbongkar, Ini Dia 5 Keadaan Ruh Setelah Meninggal Dunia"

Back To Top