Catatan Kaum Santri

Ini Dia 4 Air Paling Utama Menurut Ulama

Chanel Santri Semua sepakat bahwa air merupakan sumber dari kehidupan. Hal ini sudah ditegaskan dalam al-Quran “ dan telah kami ciptakan segala sesuatu dari air”. Air juga sangat penting terutama bagi kesehatan manusia. 8 sampai 10 Gelas merupakan ukuran standart yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, agar badan tetap sehat dan segar.
4 Air Paling Utama Menurut Ulama
Image Source

Bisa dilihat, orang yang jarang  minum air, maka wajahnya menjadi using, loyo tidak bertenaga dan bisa saja menjadi sumber dari berbagai penyakit. Namun tahukah bahwa ternyata sebenarnya terdapat tingkatan air. Berikut ini akan diinformasikan 4 Air Paling Utama Menurut Ulama.
  • Air yang keluar dari sela-sela jari Rasulullah saw.

Secara singkat cerita tentang munculnya air dari sela-sela jari Rasulullah saw. Ini terjadi ketika para shabat hendak melaksanakan shalat subuh, namun tidak mendapati air. Selanjutnya Rasulullah saw. Meminta salah satu sahabat untuk membawa kantung air yang terbuat dari kulit unta. Dan Rasulullah menaruh tangannya di kantung tersebut, yang selanjutnya muncullah dari sela-sela beliau aur yang sangat jernih. Sehingga para shabat dapat berwudhu dan shalat subuh berjamaah dengan Rasulullah saw.
  • Air Zamzam

Cerita tentang siti Hajar AS. Ketika mondar mandir diantara bukit Shofa dan Marwa untuk memberikan air minum kepada putranya Nabi Ismail AS, merupakan awal munculnya air zamzam. Air yang terletak disebelah tenggara ka’bah [kawasan masjidil haram] bukan hanya terkenal karena kesucian dan kejernihannya, namun juga oleh mayoritas umat Islam, air zamzam memiliki khasiat mengobati berbagai macam penyakit.\
  • Air Telaga Kautsar

Air Telaga kaustar menempati nomor 3 diantara 4 air yang paling utama. Dalam Agama Islam, telaga kaustar berada disurga, dan merupakan telaga Rasulullah saw. Diceritakan bahwa kelak Rasulullah memberikan kesempatan kepada Umatnya untuk dapat minum dari telaga kaustar ini, ketika rasa dahaga sudah sangat menusuk.
  • Air Sungai Nil

Sungai Nil, sebenarnya tidak hanya berada di mesir. Sungai yang pernah dijuluki sungai terpanjang dengan panjang 6.695 KM ini, melewati beberapa Negara. Diantaranya Mesir, Sudan, Ethiopia dan lain sebagainya. Keberadaan sungai Nil juga diyakini menjadi salah satu factor utama dibangunnya piramid. Pasalnya, para ilmuan meyakini bahwa balok-balok piramid dibawa melalui jalur sungai Nil.

Keempat Sungai utama tersebut, seluruhnya terangkum dalam gubahan Syair oleh al-Imam al-Subki. Berikut ini sayirnya:

وأفضل المياه ماء قد نبع  # من بين أصابع النبي المتبع
يليه ماء زمزم فالكوثر # فنيل مصر ثم باقي الأنهر

Air yang paling istimewa, adalah air yang keluar dari sela-sela jari Rasulullah saw. Seorang panutan.
Kemudian air zamzam dan selanjutnya air sungai nil di Mesir, dan yang terakhir air-air yang lain.

Disarikan dari kitab : Hasyiyah Syaikh Ibrahim al-Baijuri : Dar al-Kutub al-Alamiyah. Juz 1. Hlm. 49

Tag : Yang Unik
0 Komentar untuk "Ini Dia 4 Air Paling Utama Menurut Ulama"

Back To Top