Catatan Kaum Santri

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mondok Ala Santri



Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memilik ciri khas berbeda  dengan pendidikan lainnya, semisal pendidikan formal di Indonesia.  Selain karena pendidikan agama menjadi  materi pokok pengajaran, di lembaga ini juga banyak memilik produk hukum, tata tertib yang sama sekali berbeda. Bahkan, pada bagian terakhir pondok pesantren memilik aneka khas masing-masing pondok.

Diantara perbedaan lain yang dimiliki pondok pesantren, adalah para santri ditekankan untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di areal pondok pesantren. Hal ini, semata-mata agar semua kegiatan di pesantren dapat diikuti secara intens dan istiqomah oleh masing-masing santri. Dari sisi ini, santri harus bisa merelakan diri untuk sementara waktu untuk tidak berkumpul dengan keluarga, kerabat di kampung halaman.

Sebenarnya masih banyak lagi sisi-sisi pembeda pondok pesantren mulai di aspek pola hidup, kurikulum bahkan sampai soal makan sekalipun (seperti di postingan dengan judul  “ Lima Menu Masakan Istimewa ala Santri” dan postingan-postingan lain di label Ala Santri di blog ini). Meskipun demikian, beberapa sisi-sisi tertentu yang sama yang ada di kebanyakan pondok pesantren semisal  dua tipologi santri—santri mukim dan tidak mukim di pesantrenjuga tidak dapat dinafikan sekaligus. Namun yang pasti, sisi-sisi persamaan tersebut tetap tidak mengurangi kekhasan pondok pesantren itu sendiri.

Nah, dengan aneka kekhasan yang dimiliki pesantren bagi anda yang tertarik untuk meneruskan studinya di pondok pesantren, atau orang tua yang akan melanjutkan pendidikan anaknya ke pesantren ada baiknya untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan. Di postingan berikut,  kami akan memberikan informasi tentang hal-hal yang pelu dipersiapkan, sejauh pengalaman pribadi penulis sebagai santri. Berikut Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mondok:
Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mondok Ala Santri

1.       Informasi tentang pesantren yang akan dituju

Bagi anda yang belum memiliki gambaran pesantren yang akan dituju, akan kami kemukakan tipologi pesantren yang ada di Indonesia sebagai berikut:

a.       Pesantren Salaf : pondok pesantren yang memfokuskan pendidikannya di bidang agama saja semisal nahwu, fikih, tafsir, hadits, dan tasawuf

b.      Pesantren  Modern : pondok pesantren yang mengajarkan ilmu agama islam.  Disamping itu juga memasukkan  kurikulum formal, semisal mengadakan pendidikan MI/sederajat, Mts/sederajat  dan MA/sederajat

c.       Pesantren Tahfidzul Qur’an : di pesantren ini juga diajarkan ilmu agama islam. Namun di pondok pesantren sejenis ini lebih  memfokuskan para santrinya untuk mempelajari dan menghafal Al-Qur’an

Pembagian-pembagian di atas adalah tipologi yang kebanyakan diterapkan di indonesia. Selain itu , sebenarnya masih ada karekteristik tersendir semisal pesantren yang fokus untuk toriqot, sufi, atau hanya fikih saja. Namun, karena keterbatasan pengetahuan penulis, jenis-jenis tersebut tidak kami jelaskan di sini.

Agar sempurna,  sebaiknya anda mengetahui karakter pesantren yang akan dituju  secara jelas. Mengetahui karakter dan jenis calon pesantren yang akan anda tujuan, memudahkan untuk proses beradaptasi di pesantren terkait.  Informasi tersebut dapat anda dapat dari alumni pesantren terkait yang berada di sekeliling anda, atau di internet.

Daftar Pondok Pesantren sejawa timur beserta alamatnya klik Di Sini!


2.       Pembekalan busana muslim  dan perlengkapannyya

Mungkin dari sebagian pembaca masih belum pengalaman soal suasana dan kultur pesantren, sebelum berangkat kepesantren pembekalan untuk menimba ilmu di pesantren juga tidak dapat di lewatkan untuk diperhatikan. Diantara daftar pembekalan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

a.       Santri Putra : baju koko (khususnya yang berwarna putih), sandal, kopiah, sarung,  peralatan mencuci (semisal detergen, di pondok kan mencuci sendiri), Perlengkapan Toiletris (semacam sikat gigi, sabun, pasta gigi, sampo, handuk bahkan gayung), perlengkapan tidur(semisal sprei, selimut, bantal dll), dan yang tepenting peralatan belajar (semisal  bolpoin, buku, dan kitab)

b.      Santri Putri : perlengkapan untuk santri putri hampir sama dengan santri putra, hanya berbeda di perlengkapan shalat, busana seperti mukena , kerudung, dll.

3.       Kesiapan fisik -non fisik

a.       Kesiapan fisik

Dikebanyakan pesantren telah menunggu berbagai kegiatan keilmuan dan ibadah  untuk para santri. Hal ini dapat dilakukan jika keadaan fisik dalam keadaan sehat. Karena itu, sebelum berangkat kepesantren  usahakan untuk menjaga kesehatan jasmani. Jika ada jenis sakit tertentu dalam rekam-medis anda, sebaiknya sebelum berangkat ke pesantren untuk memeiksakan kesehatan anda di unit kesehatan terdekat, kalau perlu meminta resep dokter  terkait dengan kesehatan anda. Tujuan satu,  supaya anda berada di pesantren dengan keadaan sehat total dan bugar.

b.      Kesiapan non Fisik

Tidak cukup hanya mempersiapkan hal-hal fisik saja, hal-hal non fisik juga perlu untuk diperhatikan. Diantaranya adalah yang berhubungan dengan hubungan dengan sesama, tekhusus keluarga, saudara  dan teman dekat. Sebaiknya hubungan-hubungan tersebut dapat terjalin dengan baik sebelum dia berangkat ke pesantren, hal ini bertujuan agar mendukung perasaan tentram dan tenang saat sudah berada di pesantren. Dan lagi, saat anda  sudah berada di pesantren  akan lama untuk bisa berkumpul bersama dengan mereka, karena itu sebaiknya anda dapat memanfaatkan momen-momen terakhir bersama mereka.

Lainnya, persiapan non-fisik bisa di lakukan dengan semakin mendekatkan diri dan berdo’a kepada Allah agar diberi kelancaran saat  berada di pesantren.

4.       Pemurnian niat

Setelah anda menemukan pilihan pondok pesantren dan memantabkan hati untuk menimba ilmu,  persiapan fisik dan non fisik sudah, maka yang perlu dilakukan sebelum berangkat adalah memurnikan niat.  Ketika anda akan berangkat untuk menimba ilmu ke pesantren, sudah sebaiknya di awali dengan niatan yang baik dan murni. Niat yang baik  tentunya telah diajarkan oleh islam. Diantara contoh niat itu adalah : berniat semata-mata untuk mencari keridloan Allah SWT,  menimba ilmu dan atau menghilangkan ‘kebodohan’. Pesantren merupakan salahsatu tempat yang baik, karena itu perlu adaa dukungan niat baik untuk masuk kedalamnya secara sempurna. Tentu tidak baik jika pergi ke pondok pesantren dengan niatan yang ‘aneh-aneh’ , atau tanpa niat. 
Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu!
Tag : Ala Santri
1 Komentar untuk "Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mondok Ala Santri"

Syukron 😊😊😊

Back To Top