Catatan Kaum Santri

Basmalah di awal surat At-taubah?


Assalamualaikum ustadz,,
Seperti diketahui bersama  Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang mulia. Dibulan ini pahala amal berlipat-ganda dari bulan-bulan selainnya. Karena itu, seringkali bulan ini di jadi momen untuk berlomba-lomba untuk melakukan amal kebaikan. Salah satunya tadarus.
Nah, suatu kali di bulan Ramadhan saya ikut tadarus di langgar dekat  rumah saya di kampung. Seperti biasa jamaah yang hadir bergilir membaca al-qur’an. Ketepatan surat at-taubah menjadi giliran saya untuk dibaca. Saya mulai membaca dengan ta’awudz dan basmalah. Namun saat saya membaca basmalah, saya mendapat  teguran dari jamaah yang lain. Kata si penegur tidak boleh membaca basmalah di awal surat at-taubah karena surat ini diturunkan pada masa peperangan.
Pertanyaanya: apakah memang benar surat At-taubah di turunkan pada masa perang? Dan sebenarnya apa hukum membaca basmalah di awal surat At-taubah?
Sekian, terimakasih (Mukhlis, Pontianak)
Basmalah di awal surat At-taubah?

Waalaikumsalam warahmatullohi wabarakaatuh.
Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih telah berkenan mengirimkan pertanyaan di blog kami. Setelah saya cek di mushaf al-qur’an, surat At-taubah memang berbeda dengan surat lain di dalam al-qur’an. Diantara sisi yang membedakan, di Mushaf Al-Qur’an surat At-taubah tidak di awali dengan basmalah sebagaimana awal surat –surat lainnya.
Menanggapi pertanyaan saudara apakah surat at-taubah ini diturunkan pada masa perang? Kami jawab Memang benar. Surat at-taubah—yang disebut juga surat baro­ah—ini diturunkan pada saat perang tabuk.
Sedangkan hukum membaca basmalah di awal surat at-taubah ini, kalangan ulama’ syafi’iyah berbeda pendapat. Diantaranya sebagaimana berikut:
  • Menurut Imam Ar-Ramli makruh hukumnya membaca basmalah di awal surat at-taubah. Sedang kalau membaca basmalah di pertengahan surat ini hukumnya Sunnah.

  • Menurut Imam Ibnu Hajar Al-haitami, Al-khotib, dn ibn al-Haq, hukum membaca basmalah adalah Haram jika di awal surat at-taubah, Makruh jika di pertengahan surat at-taubah.
Sebagai tambahan, ulama’ sepakat bahwa membaca basmalah baik di awal atau pertengahan surat (selain at-taubah) hukumnya sunnah.
Berikut Referensinya:
فتح الباري شرح صحيح البخاري - (ج 8 / ص 314)
( قوله سورة براءة هي سورة التوبة )  وهي أشهر أسمائها ولها أسماء أخرى تزيد على العشرة واختلف في ترك البسملة أولها فقيل لأنها نزلت بالسيف والبسملة أمان وقيل لأنهم لما جمعوا القرآن شكوا هل هي والانفال واحدة أو اثنتان ففصلوا بينهما بسطر لا كتابة فيه ولم يكتبوا فيه البسملة روى ذلك بن عباس عن عثمان وهو المعتمد
تفسير القرطبي - (ج 8 / ص 61)
تفسير سورة براءة مدنية باتفاق قوله تعالى: براءة من الله ورسوله إلى الذين عاهدتم من المشركين (1) فيه خمس مسائل: الاولى - في أسمائها قال سعيد بن جبير: سألت ابن عباس رضي الله عنه عن سورة براءة فقال: تلك الفاضحة ما زال ينزل: ومنهم ومنهم، حتى خفنا ألا تدع أحدا.قال القشيري أبو نصر عبد الرحيم: هذه السورة نزلت في غزوة تبوك ونزلت بعدها.
تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 5 / ص 381)
 ( قَوْلُهُ مِنْ أَثْنَاءِ السُّورَةِ إلَخْ ) قُوَّةُ هَذَا الْكَلَامِ تَقْتَضِي أَنَّهُ لَا فَرْقَ فِي سَنِّ التَّسْمِيَةِ لِمَنْ ابْتَدَأَ مِنْ أَثْنَاءِ سُورَةٍ بَيْنَ الصَّلَاةِ وَخَارِجِهَا لَكِنْ خَصَّهُ م ر بِخَارِجِهَا فَلْيُحَرَّرْ سم عَلَى حَجّ أَقُولُ وَيُوَجَّهُ بِأَنَّ مَا أَتَى بِهِ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ مِنْ الْقِرَاءَةِ فِي صَلَاتِهِ يُعَدُّ مَعَ الْفَاتِحَةِ كَأَنَّهُ قِرَاءَةٌ وَاحِدَةٌ وَالْقِرَاءَةُ الْوَاحِدَةُ لَا يُطْلَبُ التَّعَوُّذُ وَلَا التَّسْمِيَةُ فِي أَثْنَائِهَا نَعَمْ لَوْ عَرَضَ لِلْمُصَلِّي مَا مَنَعَهُ مِنْ الْقِرَاءَةِ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ ثُمَّ زَالَ وَأَرَادَ الْقِرَاءَةَ بَعْدُ سُنَّ لَهُ الْإِتْيَانُ بِالْبَسْمَلَةِ لِأَنَّ مَا يَفْعَلُهُ الْآنَ ابْتِدَاءُ قِرَاءَةٍ ع ش وَقَوْلُهُ نَعَمْ لَوْ عَرَضَ إلَخْ قَضِيَّتُهُ أَنَّهُ يُسَنُّ لِلْإِمَامِ الْإِتْيَانُ بِالْبَسْمَلَةِ فِيمَا لَوْ سَكَتَ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ السُّكُوتَ الْمَسْنُونَ ثُمَّ ابْتَدَأَ مِنْ أَثْنَاءِ السُّورَةِ وَقَوْلُهُ بِالْبَسْمَلَةِ أَيْ وَالتَّعَوُّذِ .( قَوْلُهُ كَمَا قَالَهُ إلَخْ ) أَيْ اسْتِثْنَاءُ بَرَاءَةٌ ( قَوْلُهُ لَا فَرْقَ ) اعْتَمَدَهُ م ر ا هـ سم عِبَارَةُ الْكُرْدِيِّ قَالَ الْقَلْيُوبِيُّ تُكْرَهُ فِي أَوَّلِهَا أَيْ بَرَاءَةٌ وَتَنْدُبُ فِي أَثْنَائِهَا عِنْدَ شَيْخِنَا الرَّمْلِيِّ وَقَالَ ابْنُ حَجّ وَالْخَطِيبُ وَابْنُ عَبْدِ الْحَقِّ تَحْرُمُ فِي أَوَّلِهَا وَتُكْرَهُ فِي أَثْنَائِهَا وَتُنْدَبُ فِي أَثْنَاءِ غَيْرِهَا اتِّفَاقًا ا هـ


  
Tag : Konsultasi
0 Komentar untuk "Basmalah di awal surat At-taubah?"

Back To Top